Tips Cegah Dehidrasi Saat Bulan Ramadhan

Marhaban ya ramadhan bulan penuh berkah dan ampunan .Dimana kiat menahan haus dan lapar demi mencapai ridho sang Maha Kuasa Allah Swt. Tentunya dalam menjalankan ibadah puasa kita menahan haus dan lapar apalagi saat musim ekstrim yang saat ini kita alami maka berpuasa akan lebih susah daripada yang biasa kita jalankan.Itu semua akan menyebabkan resiko dehidrasi yang lebih besar mengingat cuaca yang begitu panas sehingga memakan banyak ion yang ada dalam tubuh kita.

Mungkin kita menganggap dehidrasi itu sebuah masalah yang sepele.Namun jangan menganggap remeh itu,karena biasanya dehidrasi datang disaat jadwal buka masih lama.Tentunya kita tidak menginginkan hal itu dan kita mengharapkan saat bulan puasa tubuh kita tetap segar dan bugar.oleh karena itu aku punya tips-tips menghindari dehidrasi yang mungkin bisa kita praktikan.

 

1. Konsisten dengan 8 Gelas Setiap Hari
Anda pasti sudah mengetahui bahwa kebutuhan air dalam tubuh adalah 8 gelas per hari. Namun bagaimana jika sedang berpuasa? Apakah 8 gelas harus dipenuhi? Tentu saja. Kebutuhan 8 gelas perhari harus tetap anda penuhi. Walaupun sedang berpuasa anda bisa mengakali kebutuhan ini. Bisa saja saat sahur anda mencicil hingga 4 gelas, dan melengkapi kebutuhan itu saat sedang berbuka. Dengan ini, anda tidak perlu khawatir akan cepat mengalami dehidrasi saat berpuasa.

 
2. Hindari Kafein dan Minuman Bersoda
Hindarilah banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein serta minuman bersoda. Akan percuma anda minum air putih jika dibarengi dengan minum kedua jenis minuman tersebut. Sebab minuman yang mengandung kafein dan soda memiliki bahan yang bisa menghilangkan manfaat air dalam tubuh. Jika anda ingin mengganti kopi dengan minuman lain, teh hijau bisa menjadi alternatif anda untuk dinikmati saat sahur.
3. Beri Rasa Pada Air Mineral
Jika kita adalah orang yang sangat malas untuk minum, maka sebaiknya berikanlah rasa pada air mineral yang ingin anda konsumsi. Namun hindarilah untuk memberi gula atau pemanis buatan  lainnya. Kita bisa menggunakan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis agar menambah kesegaran dari air mineral yang anda konsumsi.
 
4. Minum Susu
Khusus untuk anak-anak yang ingin belajar berpuasa penuh, maka anda bisa memberikan susu saat sahur dan berbuka. Susu dapat menghindarkan dehidrasi pada anak sebab susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit yang bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5. Makan Buah Yang Mengandung Banyak Air
Kandungan mineral bukan saja mampu diberikan oleh air putih. Namun anda bisa mengambil manfaatnya dari sumber lain seperti buah-buahan yang mengandung banyak mineral. Anda bisa menikmati beragam buah yang segar seperti melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya.
6. Jangan kebanyakan tidur saat berpuasa
Kita juga sebaiknya tidak terlalu banyak tidur saat berpuasa. Meskipun seluruh aktivitas baik dalam bulan puasa adalah pahala namun kebanyakan tidur juga ada dampak buruknya. Saat banyak tidur anda akan merasa sangat lemas saat bangun. Hal ini terjadi karena anda kekurangan cairan tubuh.
sekian informasinya semoga bisa bermanfaat bagi kita.Selamat menunaikan bulan suci Ramadhan.

Leave a Reply

7 komentar pada “Tips Cegah Dehidrasi Saat Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *